Menteri Agama Bersyukur Jemaah Puas Pelayanan Haji Tahun Ini

2017-11-08
berita    |     View : 83

Dia mengatakan, pada 2017, petugas haji bertambah dari 3.250 menjadi 3.500. Pada tahun lalu, perbandingan adalah satu petugas menangani 51-52 orang, sementara pada 2017 ini, satu petugas melayani 63 jemaah.

"Padahal, normalnya dalam pengalaman kami satu banding 40 maksimalnya. Karenanya kami merasa bersyukur hasil indeks kepuasan jemaah haji 2017 angkanya 84,85. Artinya sejak 2014, sejak pemerintahan Jokowi-JK ini mengalami tren yang terus naik," ucap dia.

Lukman mengatakan, hasil temuan kepuasan ini akan menjadi catatan penting untuk setidaknya dipertahankan. Namun, dia juga mengakui ada indeks pelayanan yang rendah.

"Ada yang mengalami penurunan, terkait katering di Arafah dan Mina, lalu bus di Arafah dan Mina, dan tenda di Mina," jelas Lukman.

Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) 2017 naik 1,02 poin dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto.

"IKJHI tahun 2017 sebesar 84,85 persen meningkat 1,02 poin dibanding tahun sebelumnya, 83,83 persen. Ini berarti bahwa pelayanan dalam penyelenggaraan ibadah haji pada 2017 telah memenuhi kriteria memuaskan," kata Suhariyanto.